Slider Background

Beda Penerbit dan Percetakan

Sabtu, Februari 06, 2016

Beda Penerbit dan Percetakan

Beda Penerbit dan Percetakan

Penerbit adalah perusahaan yang dikelola untuk menyiapkan naskah mentah atau manuskrip hingga menjadi buku siap cetak dalam kerangka kegiatan editorial dan perwajahan. Percetakan adalah perusahaan yang menerima order cetak dari penerbit dan melakukan kegiatan pracetak (layout buku), cetak dan pascacetak (pengiriman buku).

Salah satu perbedaan yang terlihat jelas antara penerbit dan percetakan adalah penulis bisa mengirim/menawarkan naskahnya kepada penerbit untuk diterbitkan, sementara hal yang sama tidak berlaku bagi percetakan. Percetakan tidak punya dewan redaksi yang bisa menilai sebuah naskah apakah layak terbit atau tidak. Selain itu, percetakan juga tidak punya jaringan pemasaran/promosi sebagaimana penerbit.

Beda Penerbit dan Percetakan

Pada sisi lain, penerbit tidak identik harus memiliki mesin cetak sebagaimana percetakan; modal utama penerbit adalah naskah dan kreativitas pengembangannya. Adapun perangkat keras atau mesin yang dibutuhkan oleh penerbit (skala kecil) dalam menjalankan aktivitasnya bisa sebatas komputer, printer dan scanner, didukung oleh beberapa alat tulis kantor yang dibutuhkan. Karena itu, bisnis penerbitan untuk skala kecil dapat dijalankan di sebuah ruang kecil berukuran 3 x 3 atau menjadi bisnis rumahan (home industry).

Untuk mendirikan penerbit, izin yang dibutuhkan adalah izin bisnisnya, bukan izin menerbitkan buku. Menerbitkan buku tak perlu izin, kecuali materi atau isinya memang diambil dari pihak lain yang dilindungi Hak Cipta.

Untuk alasan efektivitas dan efisiensi, penerbit yang sudah berkembang dan besar biasanya mempunyai percetakan sendiri, dengan pertimbangan: (1) bisa menekan biaya cetak sehingga harga jual buku bisa lebih murah dan tidak memberatkan konsumen; (2) proses cetak dalam skala massal (offset) bisa dilakukan dalam waktu cepat; dan (3) percetakan bisa menjadi sumber income tambahan bagi penerbit jika ada order dari luar.

Kepustakaan
  • Trimansyah, Bambang. 2009. Taktis Menyunting Buku. Bandung: Maximalis.
  • Trimansyah, Bambang. 2012. Apa & Bagaimana Menerbitkan Buku: Sebuah Pengalaman Bersama IKAPI. Jakarta: IKAPI.
PREV
NEXT

Tidak ada komentar

Posting Komentar