Slider Background

Akhir Perang Troy

Minggu, Mei 15, 2016

Akhir Perang Troy

Akhir Perang Troy (Penerjemah Asep Rachmatullah)

Judul Buku : Akhir Perang Troy
Penulis : Virgil (Translated by Alfred J. Church)
Penerjemah : Asep Rachmatullah
Kategori : Fiksi (Klasik)
ISBN/EAN : 978-602-72744-9-5
Tahun Terbit : Cetakan I, 2016
Dimensi Buku : 14 x 21 cm
Tebal Halaman : viii + 104 Halaman
Harga : Rp.
Download Cuplikan Isi Buku

Sinopsis
SEBAGIAN penduduk Troy berhasil menyelamatkan diri ketika pasukan Yunani membakar Troy, dan di antara mereka terdapat Aeneas putra Anchises, prajurit Troy terhebat setelah Hector. Mereka berlayar ke Itali; di sana Aeneas ditakdirkan mendirikan bangsa baru yang kelak menguasai dunia. Dalam perjalanan menuju Itali, armada Aeneas dihantam badai. Ketika mereka tiba di Carthage, Dido, Ratu Carthage sekaligus pendiri Carthage, menyambut kedatangan mereka dengan suka cita. Di istana Dido, Aeneas menceritakan kisah petualangannya yang panjang dan melelahkan, mulai dari bagaimana ia melarikan dari Troy sampai perjalanannya yang penuh dengan rintangan. Dido sangat terkesan dengan petualangan Aeneas dan ia jatuh cinta kepada Aeneas.

Aeneas akhirnya menetap di Carthage. Beberapa waktu kemudian, Zeus mendatangi Aeneas lewat mimpi, memperingatinya untuk terus melanjutkan perjalanan menuju Itali, karena ia ditakdirkan mendirikan bangsa baru di sana. Dido terpukul dan pada akhirnya bunuh diri. Sebelum tiba di Itali, Aeneas harus terlebih dulu menemui Sibyl dari Cumae yang akan mengantarnya ke Dunia Bawah, seperti juga Odysseus yang mengadakan perjalanan ke Dunia Bawah dengan petunjuk dari Circe. Di Dunia Bawah, Aeneas bertemu dengan arwah ayahnya. Anchises, ayah Aeneas, memberi penjelasan bahwa anak-cucu Aeneas kelak akan menguasai dunia. Berbekal petunjuk dari ayahnya, Aeneas semakin yakin dengan misinya di Itali. Perjalanan dilanjutkan.

Kedatangan bangsa Troy di Itali pada mulanya disambut baik. Latinus, penguasa Itali, menyambut kedatangan Aeneas dengan suka cita. Latinus juga berharap Aeneas menikahi putrinya, Lavinia. Jauh sebelum kedatangan Aeneas, ada ramalan yang mengatakan bahwa Lavinia tidak boleh dinikahkan kecuali dengan orang asing yang kelak akan tiba di Itali. Dari pernikahan mereka kemudian akan lahir keturunan yang kelak menjadi penguasa dunia.

Buku ini adalah buku ‘PENUTUP’ dari dua buku sebelumnya: Perang Troy dan Perjalanan Pulang Odysseus. Perang Troy berkisah mengenai pertempuran antara pasukan Yunani dan pasukan Troy di tahun akhir peperangan, sementara Perjalanan Pulang Odysseus berkisah mengenai perjalanan pulang salah satu prajurit terbaik Yunani setelah kehancuran benteng Troy. Dalam dua buku tersebut tidak dikisahkan bagaimana nasib orang-orang Troy setelah pasukan Yunani membumihanguskan Troy: apakah mereka membangun kembali Troy atau mencari negeri baru di seberang lautan. Bersama kehadiran Perang Troy dan Perjalanan Pulang Odysseus, yang kemudian ditutup dengan buku ini, semoga para pembaca mendapatkan pengalaman yang berkesan selama bertamasya ke zaman Yunani kuno. Selamat membaca!

Baca Juga
  1. Perang Troy (Buku Pertama Trilogi Perang Troy)
  2. Perjalanan Pulang Odysseus (Buku Kedua Trilogi Perang Troy)
  3. Mitologi Yunani
  4. Legenda Perang Troy
  5. Mengenal Homer (Si Pencerita Perang Troy)
PREV
NEXT

Tidak ada komentar

Posting Komentar