Slider Background

Perang Troy

Selasa, Mei 17, 2016

Perang Troy

Perang Troy (Penerjemah Asep Rachmatullah)

Judul Buku : Perang Troy
Penulis : Homer
Penerjemah : Asep Rachmatullah
Kategori : Fiksi (Klasik)
ISBN/EAN : 978-602-xxxxx-x-x
Tahun Terbit : Cetakan I, 2016
Dimensi Buku : 14 x 21 cm
Tebal Halaman : viii + 176 Halaman
Harga : Rp.
Download Cuplikan Isi Buku

Sinopsis
THE ILIAD adalah puisi epik terindah yang pernah ditulis sepanjang sejarah, terdiri dari 15.693 baris sajak, mengisahkan peperangan yang berlangsung selama 10 tahun antara Pasukan Troy dan Pasukan Yunani yang mengerahkan lebih dari 1.000 kapal. Perang yang sangat terkenal dan telah banyak memberi inspirasi bagi dunia itu memakan waktu 10 tahun lamanya hingga akhirnya, berkat ide cemerlang salah satu prajurit Yunani, Odysseus, Troy dapat ditaklukkan.

Tema utama The Iliad adalah kemarahan Achilles putra Peleus, yang memengaruhi keseluruhan jalannya cerita; kemarahan Achilles kepada Agamemnon dikisahkan dalam bagian pertama. Bagian ke-2 sampai ke-7 berkisah tentang mimpi Agamemnon, duel Menelaus melawan Paris, pengkhianatan pasukan Troy serta pertempuran besar pertama antara pasukan Yunani dan Troy. Pertempuran besar kedua dan keberhasilan pasukan Troy memukul mundur para prajurit Yunani dikisahkan pada bagian ke-8 dan ke-9. Bagian ke-10 berkisah tentang keberanian Odysseus dan Diomedes memata-matai musuh dalam misi pengintaian. Bagian ke-11 sampai ke-18 berkisah tentang pertempuran besar ketiga serta kematian Sarpedon dan Patroclus, sahabat karib Achilles. Bagian ke-19 berkisah tentang perdamaian antara Agamemnon dan Achilles; perselisihan mereka telah menyebabkan malapetaka besar bagi pasukan Yunani. Keberhasilan Achilles memukul mundur pasukan Troy dikisahkan dalam Bagian ke-20, sementara Bagian ke-21 mengisahkan pertarungan Achilles melawan Scamander (dewa penjaga Sungai Scamander). Bagian ke-22 mengisahkan kematian Hector di tangan Achilles. Bagian berikutnya berkisah mengenai pertandingan olahraga yang diadakan Achilles untuk menghormati Patroclus. The Iliad ditutup dengan kisah kedatangan Priam di tenda Achilles yang diikuti dengan pemakaman Hector, Panglima Tertinggi pasukan Troy.

Bangsa Yunani kuno percaya bahwa Perang Troy adalah peristiwa sejarah yang terjadi pada abad ke-13 atau ke-12 SM, berlangsung di sekitar Dardanelles yang sekarang adalah daerah Baratlaut Turki. Pada era modern ini, para sajana klasik (classict) meragukan jika perang itu adalah peristiwa sejarah. Namun pada tahun 1870, seorang arkeolog berkebangsaan Jerman, Heinrich Schliemann, melakukan penggalian di sebuah daerah yang ia identifikasi sebagai Troy; temuan Schliemann akhirnya membuktikan keberadaan kota Troy dan kemudian diterima sebagian besar sarjana klasik. Namun masih tersisa pertanyaan, apakah Troy yang disebutkan Homer dalam The Iliad benar-benar nyata?

Buku ini adalah Buku Pertama dari Trilogi Perang Troy. Meskipun demikian, buku ini dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kisah tersendiri. Pada Buku Kedua, Perjalanan Pulang Odysseus, para pembaca akan menemui kisah petualangan Odysseus dalam mencari jalan pulang ke negerinya. Meskipun pasukan Yunani berhasil menghancurkan Troy, ternyata perjalanan pulang mereka dipenuhi rintangan. Salah satu prajurit terbaik Yunani yang paling menderita adalah Odysseus, yang tersesat dan mengembara ke negeri-negeri asing. Setelah 10 tahun lamanya tersesat, Odysseus akhirnya ditakdirkan pulang ke negerinya dan berkumpul kembali dengan keluarganya. Dengan demikian, Odysseus berpisah selama 20 tahun dengan keluarganya sejak kepergiannya ke Troy. Pada Buku Ketiga, Akhir Perang Troy, para pembaca akan menemukan bagaimana kisah orang-orang Troy yang berhasil menyelamatkan diri saat kota mereka dihancurkan pasukan Yunani: ke mana mereka pergi dan siapakah pemimpin mereka; apakah mereka mendirikan kembali Troy atau mencari negeri baru di seberang lautan.

Baca Juga
  1. Perjalanan Pulang Odysseus (Buku Kedua Trilogi Perang Troy)
  2. Akhir Perang Troy (Buku Ketiga Trilogi Perang Troy)
  3. Mitologi Yunani
  4. Legenda Perang Troy
  5. Mengenal Homer (Si Pencerita Perang Troy)
PREV
NEXT

Tidak ada komentar

Posting Komentar