Apa dan Bagaimana Menerbitkan Buku

Apa dan Bagaimana Menerbitkan Buku

Dalam kehidupan manusia, buku merupakan sesuatu yang penting dan strategis. Buku adalah bagian integral dari kedirian manusia, terlahir dari rahim peradaban manusia dan menjadi potret peradaban manusia itu sendiri. “Kuasa” buku dalam dunia manusia adalah kuasa yang nyata, berpengaruh dan daya penetrasinya tidak terbantahkan.

Sebagai industri kreatif, seluk beluk penerbitan buku memang unik dan prosesnya juga merupakan sebuah mata rantai yang panjang. Setiap prosesnya melibatkan beberapa personel dengan berbagai bidang keahlian. Hasil akhirnya adalah sebuah produk buku yang diusahakan merebut perhatian calon pembaca di tengah lautan buku lainnya. Alhasil, menerbitkan buku pun menjadi sebuah pekerjaan seni yang mengandung unsur estetika dalam hal pengemasannya dan unsur manajerial dalam hal teknis pengerjaannya.

Dalam kaitannya dengan pembahasan seputar aspek editorial dan penerbitan buku, buku yang ditulis oleh Bambang Trim ini dapat menjadi estafet lanjutan dari buku sebelumnya yang juga ditulis Bambang Trim: Taktis Menyunting Buku. Artinya, berbagai pembahasan terkait aspek editorial dan penerbitan buku yang tak ditemui dalam buku Taktis Menyunting Buku diuraikan secara sistematis dalam buku ini.

Sebagai estafet lanjutan, melalui buku ini pembaca akan diajak masuk ke ruang-ruang kerja penerbitan, mulai dari bagaimana mendirikan penerbit buku, jejaring industri kreatif penerbitan buku, kerja-kerja di balik ruang editorial, cakupan area pemasaran buku sampai dengan keanggotaan IKAPI. Karena pembahasannya yang lengkap, buku ini tentunya menjadi referensi wajib bagi para penulis yang ingin menerbitkan bukunya secara self-publishing. Buku ini dapat memperkaya pemahaman kita mengenai seluk beluk penerbitan buku. Dengan memahami berbagai aspek penerbitan buku, tidak mustahil seorang self-publisher pun dapat berkembang menjadi penerbit profesional ke depannya.

Judul : Apa dan Bagaimana Menerbitkan Buku
Penulis : Bambang Trimansyah
Penerbit : IKAPI
Kategori : Nonfiksi
ISBN/EAN : 978-979-96189-1-7
Tahun Terbit : Cetakan II, November 2012
Dimensi Buku : 14 x 21 cm
Tebal Halaman : xii + 180 Halaman

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama