Slider Background

Merupa Buku

Jumat, April 08, 2016

Merupa Buku

Merupa Buku

Buku ini dibuat karena beberapa alasan: “mendokumentasikan” gerakan seni rupa buku dan pengaruhnya di kemudian hari, mengamati irisan dunia seni rupa murni, desain grafis, penerbitan dan gerakan sosial budaya dari sebelum hingga sesudah masa Reformasi. Di dalamnya terdapat ulasan mengenai kerja desain perwajahan buku yang diambil melalui pembacaan tulisan-tulisan di media massa, wawancara dengan para pelaku perwajahan buku, hingga mengamati pameran buku.

Ringkasnya, tulisan-tulisan dalam buku ini bertujuan agar desainer, atau siapa saja yang berminat memahami perwajahan buku (desain cover) mampu membangun pengetahuan sendiri, bukan selalu pengetahuan diskursif yang terkadang justru menghambat/bertentangan dengan semangat perubahan di dalam dunia desain. Dalam kadar yang amat kikir, buku ini ingin mengajak para desainer agar mampu membangun pengetahuan sendiri tentang desain (to know) sebelum melakukan praktik desain (how to).

Sebagai sebuah bangunan pengetahuan, penyusunan buku ini turut melibatkan pengetahuan dari praktisi dalam hubungannya dengan semangat dan kegelisahan zaman, yaitu kerja kolaboratif dalam penerbitan, ingatan masa lalu serta pemikiran kritis dalam menentang negara yang korup, otoriter, sentralistik dan militeristik. Pengetahuan dalam penerbitan tersebut membangun sebuah gerakan sosial budaya yang pada gilirannya menjadi penanda zaman (Reformasi).

Paling tidak, tulisan-tulisan dalam buku ini berusaha memahami gerakan seni rupa buku di Jogja pada periode 1990-an di mana di sana selain hadir sikap perlawanan terhadap negara hegemonik, hadir pula ingatan terhadap citra perwajahan buku era sebelumnya (Pustaka Jaya). Selama era itu, bahasa visual yang kerap “dihadirkan” adalah seni rupa abstrak, bukan bahasa realisme atau local genus yang dianggap lebih mudah dan dekat dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Di samping hal-hal tersebut, buku ini dalam beberapa bagiannya juga mengamati desain melalui gaya atau style yang dipahami dalam aspek form dan meaning, artis, komunitas, media dan keberlangsungannya di kemudian hari.

Judul : Merupa Buku
Penulis : Koskow
Penerbit : LKiS
Kategori : Nonfiksi
ISBN/EAN : 978-979-96189-1-7
Tahun Terbit : Cetakan II, November 2012
Dimensi Buku : 14 x 21 cm
Tebal Halaman : xii + 180 Halaman

Dasftar Isi Merupa Buku

Kepustakaan
http://dgi.or.id/
PREV
NEXT

Tidak ada komentar

Posting Komentar