Slider Background

Jejaring Kerja Self-Publisher

Senin, Juli 03, 2017

Jejaring Kerja Self-Publisher

Jejaring Kerja Self-Publisher

Jejaring kerja menjelaskan dengan siapa saja seorang self-publisher bisa bekerja sama dan mengenali peluang-peluang promosi-penjualan yang ada. Pengenalan ini juga bisa menjadi sejenis pedoman dasar saat membuat rencana penerbitan. Tujuan utama pembuatan rencana penerbitan adalah untuk memastikan supaya tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

Dalam praktiknya, jejaring kerja yang dimiliki self-publisher tidak berbeda dengan jejaring kerja penerbit (tradisional). Perbedaannya terletak pada terbatasnya pemanfaatan jejaring tersebut, karena kapasitas sumberdaya dan pendanaan seorang self-publisher tentunya berbeda dengan penerbit (tradisional).

Pada tahap pascacetak misalnya, self-publisher bisa saja tidak memakai distributor dan event organizer karena buku hanya dicetak dalam jumlah terbatas dan tak ada biaya pendukung untuk menggelar acara book launching. Atau pada saluran penjualan misalnya, bisa saja self-publisher hanya ingin menjual bukunya lewat market place (Tokopedia, Bukalapak) dan website pribadinya.

Jejaring Kerja Self-Publisher (1)
Jejaring Kerja Self-Publisher (2)
Jejaring Kerja Self-Publisher (3)

Kepustakaan
Trimansyah, Bambang. 2012. Apa & Bagaimana Menerbitkan Buku: Sebuah Pengalaman Bersama IKAPI. Jakarta: IKAPI.
PREV
NEXT

Tidak ada komentar

Posting Komentar