Slider Background

Buku Pintar Penyuntingan Naskah

Jumat, Maret 04, 2016

Buku Pintar Penyuntingan Naskah

Buku Pintar Penyuntingan Naskah

Buku Pintar Penyuntingan Naskah karya Pamusuk Eneste ini pada awalnya ialah bahan untuk mata kuliah yang diampu oleh penulisnya di Jurusan Penerbitan dan Grafika Politeknik UI (Tahun Akademi 1992/1993 dan 1993/1994). Buku ini pertama kali diterbitkan oleh Penerbit Obor (1995), sementara edisi keduanya diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama sepuluh tahun kemudian.

Buku ini ditulis berdasarkan “pengalaman” penulisnya menjadi editor selama belasan tahun di Penerbit Gramedia dan Grasindo (1982-1994). Sebagai buku pedoman, buku ini dapat digunakan untuk dua tujuan. Pertama, dipelajari secara perseorangan (tanpa pembimbing, guru dan dosen). Kedua, untuk dipakai di kelas, yakni sebagai buku penunjang mata kuliah editing atau penyuntingan naskah.

Dilihat dari kepentingan yang pertama, buku ini dapat dibaca terutama oleh para penulis yang ingin menerbitkan bukunya secara self-publishing, karena buku ini akan memperkaya wawasan mengenai hal-hal teknis seputar penyuntingan naskah: “Para penyunting naskah–terutama yang masih pemula–di penerbit buku atau media cetak (koran, majalah, tabloid dan lain-lain) yang belum memiliki pedoman juga bisa memanfaatkan buku ini sebagai pedoman. Demikian pula mereka yang ingin mempelajari tentang penyuntingan naskah secara otodidak: mereka bisa menggunakan buku ini sebagai penunjuk arah.” (hal xii)

Buku ini terdiri dari 10 Bab. Pembahasan mengenai apa itu naskah, penyuntingan naskah, penyunting naskah dan editor, dibahas dalam Bab 2. Persyaratan menjadi penyunting naskah yang baik dibahas dalam Bab 3, sementara Bab 4 membahas Kode Etik Penyuntingan Naskah. Beberapa tahap pra-penyuntingan naskah dibahas dalam Bab 5, sementara tahap penyuntingan naskah dibahas secara gamblang dan panjang lebar dalam Bab 6 yang dilanjutkan dengan pembahasan terkait tahap pasca-penyuntingan naskah (Bab 7).

Hal-hal lainnya yang juga perlu dikuasai oleh penyunting naskah, seperti menulis surat kepada penulis naskah, menulis biografi singkat penulis dan ringkasan buku (sinopsis), dibahas dalam Bab 8. Adapun ciri-ciri naskah yang perlu diketahui oleh penyunting naskah dibahas dalam Bab 9. Buku ini diakhiri dengan sejumlah tips bagi calon penyunting naskah (Bab 10).

Judul : Buku Pintar Penyuntingan Naskah
Penulis : Pamusuk Eneste
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kategori : Nonfiksi
ISBN/EAN : 978-602-22-8554-3
Tahun Terbit : Cetakan III, 2012
Dimensi Buku : 14 x 21 cm
Tebal Halaman : xii + 252 Halaman
PREV
NEXT

Tidak ada komentar

Posting Komentar