Taktis Menyunting Buku

Taktis Menyunting Buku

Penyuntingan naskah/editing adalah sebuah bidang keahlian dari ilmu penerbitan (publishing science) yang berkonsentrasi pada pemeriksaan dan pengembangan naskah hingga menjadi buku siap cetak. Seiring perkembangan pesat dalam dunia penerbitan buku, ilmu editing (editologi) makin dibutuhkan baik itu oleh industri penerbitan maupun individu yang ingin tampil baik dengan tulisan-tulisannya.

Dalam buku ini (hal 8), disebutkan bahwa filosofi editing adalah mengomunikasikan ide/gagasan penulis/pengarang secara mudah, jelas, benar dan tepat kepada pembaca dengan prinsip menebarkan ilmu dan informasi bermanfaat untuk kemaslahatan publik. Editor harus paham bahwa ia melayani tiga konstituen dalam penerbitan buku, yaitu penulis sebagai orang yang menulis atau menyusun naskah, penerbit sebagai badan yang membiayai penerbitan dan pencetakan buku, serta pembaca sasaran sebagai orang-orang yang menjadi target pembaca buku.

Buku ini disarikan dari pengalaman Bambang Trim yang selama lebih dari 15 tahun berkecimpung dalam dunia editing dan mendalami editologi (salah satu ilmu langka di Indonesia). Oleh karena itu, Tidak salah kalau buku ini diposisikan sebagai “buku wajib” bagi para editor, penulis dan penerbit buku. Sebagaimana Buku Pintar Penyuntingan Naskah karya Pamusuk Eneste, buku ini juga sangat penting dibaca (dan sebaiknya dimiliki) para penulis untuk memperkaya wawasan terkait hal-hal teknis editorial, terlebih bagi para penulis yang ingin menerbitkan bukunya secara self-publishing.

Karena pembahasannya yang lengkap, buku ini dapat menjadi panduan manual bagi para self-publisher yang ingin menyunting sendiri naskahnya (self-editing). Berbagai Panduan Manual tersebut di antaranya: Dasar-dasar Editing (Bab 3), Praktik Editing Naskah (Bab 6), Copyediting (Bab 7), Developmental Editing (Bab 8) dan Intergasi Editing-Marketing (Bab 9).

Judul : Taktis Menyunting Buku
Penulis : Bambang Trimansyah
Penerbit : Maximalis
Kategori : Nonfiksi
ISBN/EAN : 978-602-8164-05-4
Tahun Terbit : Cetakan I, 2009
Dimensi Buku : 15 x 23 cm
Tebal Halaman : xiv + 234 Halaman

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama