Legislasi dan Perwakilan Politik

Indigo Media

Legislasi dan Perwakilan Politik
Penulis : Dr. H. Achmad Kosasih, M.M
Penyunting : Asep Rachmatullah
Tahun Terbit : Cetakan I, Agustus 2023
ISBN : Dalam Proses Pengajuan
Dimensi Buku : 15 x 23
Tebal Buku : x + 170 Halaman
Harga : Rp. 87.000,-

Sinopsis
Lembaga Legislatif, yang biasanya kita kenal dengan sebutan DPR, pada hakikatnya adalah institusi yang keberadaannya merupakan perpanjangan tangan dari kepentingan rakyat. Namun, kenyataan yang terjadi sering kali memperlihatkan bahwa perwakilan politik, yang diserahkan oleh rakyat kepada wakil-wakilnya, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Di sisi lainnya, memperjuangkan “aspirasi rakyat” juga bukan pekerjaan yang mudah dilaksanakan.

Perkara memperjuangkan aspirasi rakyat juga dapat semakin sulit manakala “sang wakil” justeru terlena dengan politik transaksional alih-alih berpegang kepada semangat perwakilan politik yang ada di balik kepercayaan rakyat. Karena itu, upaya memahami kembali semangat “perwakilan politik” yang diberikan oleh rakyat, menjadi relevan untuk dikaji dan dipahami secara lebih komprehensif, dan untuk tujuan itulah buku ini ditulis.

Buku ini terdiri dari Tiga Bagian yang dapat membawa pada suatu pemahaman menyeluruh tentang keberadaan Lembaga Legislatif dan bagaimana pondasinya dibangun di atas prinsip kepercayaan rakyat (perwakilan politik). 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama