Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Mutu Pendidikan


Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Mutu Pendidikan

Penulis : Abdul Fatahillah, Hartinah, Samsul Arifin
Editor : Qurrotul Aini
Tahun Terbit : Cetakan I, Oktober 2023
ISBN : Dalam Proses Pengajuan
Dimensi Buku : 14,5 x 21
Tebal Buku : vi + 114 Halaman
Harga : Rp. 83.000,-

Sinopsis
Di era globalisasi pendidikan menjadi sangat penting, karena dengan upaya pendidikan manusia memahami kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi terutama komunikasi dan transportasi sehingga dunia semakin menjadi tanpa batas. Hal ini akan berakibat pada munculnya budaya global yang berdampak pada pola perilaku yang konsumeris. Globalisasi di lain sisi menjadi salah satu faktor yang mengharuskan organisasi perlu melakukan suatu perubahan total. Organisasi yang terbiasa dengan perubahan yang sifatnya terencana harus mulai belajar dan membiasakan diri beradaptasi dengan perubahan yang tidak terencana.

Untuk dapat keluar dari ketidakpastian, maka organisasi harus memiliki keunikan yang dapat membedakan dengan kempetitornya. Organisasi harus mampu menggali sumber di dalam organisasi yang dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif organisasi yang sifatnya berkelanjutan. Ketika organisasi dihadapkan pada ketidakpastian, maka transformasi organisasi menjadi kunci untuk bisa beradaptasi dan mampu melakukan sesuatu yang berbeda dalam rangka mempertahankan keberadaannya tersebut.

Oleh karena itu sumber daya manusia menentukan setiap keberhasilan organisasi. Sumber daya manusia yang memiliki dedikasi tinggi, bertanggung jawab, berkompeten serta berjiwa kompetitif akan dapat menunjukkan eksistensi organisasinya karena ia mampu mengelola sumber daya yang lainnya (money, material, methode) sebaik mungkin sehingga meningkatkan produktifitas lembaga, dan sebaliknya sumber daya yang memiliki dedikasi yang rendah, tidak bertanggung jawab, tidak berkompeten serta tidak memiliki jiwa kompetitif tidak akan mampu menunjukkan eksistensi lembaganya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama